Picture
Share dari Tulisan PENDIDIKAN ASPIRASI POLITIK RAKYAT

Istilah bandit politik dalam buku Mancur Olson (1932-1998) seorang ilmuwan politik dan ekonomi Amerika Serikat yang berjudul ”Power and Prosperity” (2000), Olson membedakan antara efek-efek perekonomian negara dibawah tipe-tipe pemerintahan yang berbeda karakternya. Tipe-tipe pemerintahan yang dimaksud diantaranya adalah pemerintahan tirani, pemerintahan anarki dan pemerintahan demokrasi. Olson berargumen bahwa para Bandit Politik (Roving Bandit) dibawah pemerintahan yang anarki adalah para politisi yang bekerja secara intensif untuk mencuri kekayaan negara dan merusak tatanan sosial-politik kenegaraan. Sedangkan Bandit Politik (Stationary Bandit) dibawah pemerintahan tirani adalah para politisi yang bekerja secara intensif untuk menguasai kesuksesan perekonomian dengan sambil berupaya untuk tetap terus berkuasa agar mereka bisa mengambil hasil dari kesuksesan perekonomian tersebut. Lalu bagaimana para Bandit Politik di bawah pemerintahan demokratis?

Didik J. Rachbini dalam buku ”Teori Bandit” mendeskripsikan "tersumbatnya saluran aspirasi publik (rakyat) yang dipercayakan kepada legislatif baik pusat maupun daerah, dan mandulnya kinerja eksekutif melakukan maksimalisasi pelayanan publik" bisa mengindikasikan kemunculan para Bandit Politik dibawah pemerintahan demokratis.

Menurut saya, BANDIT POLITIK itu ada dua makna. Politisi yang menjadi bandit dalam dua perspektif yang berbeda. Bandit Politik yang pertama adalah para Politisi Busuk dan yang kedua adalah para Politisi Pemberontak. Bandit Politik yang terdiri dari para Politisi Busuk adalah mereka para politisi yang melecehkan politik dengan perilaku politik yang tidak baik dengan ukuran selalu dominan dalam sikap dan pilihan tindakan untuk mencari keuntungan bagi dirinya dan kelompoknya sendiri bahkan secara sadar dan sengaja tidak peduli dengan kerugian bagi orang lain terutama massa rakyat sebagai akibat dari yang mereka lakukan.

Sedangkan Bandit Politik yang terdiri dari para Politik Pemberontak adalah mereka para politisi yang tidak bisa tinggal diam menyaksikan realitas politik yang tidak baik akibat ulah para bandit politisi busuk.

PEMILU LEGISLATIF 2014 dan Para BANDIT POLITIK

Seperti yang sudah ramai dibicarakan bahwa Pemilu Legislatif akan dilaksanakan bulan April 2014 mendatang..., yang terpenting adalah relakah kita Pemilu ini dikuasai para "BANDIT POLITIK"? Mari berdiskusi...

Sumber Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Mancur_Olson
http://en.wikipedia.org/wiki/1921_Svanetian_Uprising
http://padang-today.com/?today=news&id=11147
http://www.antaranews.com/berita/1258493225/pilkada-serentak-sumbar-diusulkan-mundur-

 


Comments




Leave a Reply